Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dan pembelajaran kooperatif terhadap perilaku sosial peserta didik baik secara parsial maupun simultan. Penelitian tesis ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data berupa angket. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran sampel, uji prasyarat analisis statistik, dan uji t (parsial) dan uji F (simultan) dalam analisis regresi linear berganda untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP School of Human, Kota Bekasi, sebanyak 89 orang. Hasil dari penelitian adalah Terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal dan pembelajaran kooperatif secara simultan atau bersama-sama terhadap perilaku sosial peserta didik berdasarakan hasil uji F simultan (Uji F) dalam analisis regresi linear berganda, , dengan besarnya pengaruh 23.7% dan persamaan regresi linear berganda, yang menunjukkan persamaan regresi (unstandardized coefficients B) Ŷ = 61.563 + 0. 334 X1 + 0.235 X2. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan skor kecerdasan interpersonal dan pembelajaran kooperatif secara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap perilaku sosial peserta didik, sebesar 62,132.
Copyrights © 2022