Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 4, No 02 (2022): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP SCHOOL OF HUMAN BEKASI

Dzulfitri Sulaiman (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dan pembelajaran  kooperatif  terhadap perilaku  sosial peserta didik baik secara parsial maupun simultan. Penelitian tesis ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data berupa angket. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran sampel, uji prasyarat analisis statistik, dan uji t (parsial) dan uji F (simultan) dalam analisis regresi linear berganda untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik  SMP School of Human, Kota Bekasi, sebanyak 89 orang. Hasil dari penelitian adalah Terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal dan pembelajaran kooperatif secara simultan atau bersama-sama terhadap perilaku sosial peserta didik berdasarakan hasil uji F simultan (Uji F) dalam analisis regresi linear berganda, , dengan besarnya pengaruh 23.7% dan persamaan regresi linear berganda,  yang menunjukkan persamaan regresi (unstandardized coefficients B) Ŷ = 61.563 + 0. 334 X1 + 0.235 X2. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan skor kecerdasan interpersonal dan pembelajaran kooperatif secara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap perilaku sosial peserta didik, sebesar  62,132.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...