Humanisme Pendidikan dalam Al-Qur’an lebih mendekatkan pada pembelajaran-pembelajaran yang memanusiakan manusia dengan mengarahkannya kepada student oriented. Merubah arah orientasi yang semula lebih kepada teacher center. Mengajak para pelaku pendidikan untuk menggali potensi dirinya, meminimalisir kekerasan dalam dunia pendidikan, serta meningkatkan partisipasi lingkungan untuk turut serta mensukseskan proses belajar mengajar. Al-Qur’an, dalam hal ini menawarkan pola ‘abd dan khalifah dalam pendekatan humanisme pendidikan. Dengan tanpa melepaskan perannya sebagai individu dan makhluk sosial yang memiliki tanggung jawab secara vertikal dengan Tuhannya atau yang dikenal dengan pendidikan yang religius dan teosentris. Hal ini dapat dilihat dari pola abd dan khalifah dalam penyebutan terhadap manusia yang terdidik dan bertanggung jawab. Adapun pendekatan yang dilakukan dalam pendidikan yang humanis dilakukan dengan menggunakan reward dan punishment. Dimana Al-Qur’an lebih mengedepankan reward daripada punishment. Selain itu, Al-Qur’an juga mengedepankan penghargaan terhadap potensi dan argumentasi melalui pendekatan dialogis dengan pola deep dialogue, critical thingking dan Problem posing education.
Copyrights © 2022