Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Vol. 5 No. 2 (2022)

PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION MELALUI E-COMMERCE SHOPEE

Wayan Eka Puspita Sari (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Made Suci (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk fashion pada e-commerce shopee. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee pada masyarakat di kota singaraja, kecamatan buleleng, dan objek penelitian ini adalah gaya hidup, kelompok referensi dan keputusan pembelian. Populasi yang digunakan sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan dengan kuisioner kemudian dianalisis dengan analisis regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk fashion melalui e-commerce Shopee, (2) ada pengaruh kelompok refrensi terhadap keputusan pembelian produk fashion melalui e-commerce Shopee, dan (3) ada pengaruh gaya hidup dan kelompok refrensi terhadap keputusan pembelian produk fashion melalui e-commerce  Shopee.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...