Jurnal Abdidas
Vol. 3 No. 4 (2022): August Pages 612-784

Pemberdayaan Masyarakat dengan Pengajaran Bahasa Inggris Komunikatif Berbasis Budaya pada Sekaa Truna di Desa Bongkasa Pertiwi

Anak Agung Istri Manik Warmadewi (Sastra Inggris, Universitas Warmadewa, Denpasar)
I Nyoman Kardana (Sastra Inggris, Universitas Warmadewa, Denpasar)
Anak Agung Gede Raka (Sastra dan Magister Administrasi Publik Universitas Warmadewa, Denpasar)
Ni Wayan Diah Ayu Dharmayanti (Sastra Inggris, Universitas Warmadewa, Denpasar)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Sekaa truna merupakan salah satu organisasi pemuda di Bali yang dapat ditemukan pada tingkat banjar sampai dengan desa. Memberikan pendampingan berupa pengajaran bahasa Inggris yang berbasis pada budaya merupakan salah satu hal penting untuk diperoleh sekaa truna, khususnya yang ada di Desa Bongkasa Pertiwi Badung. Desa tersebut merupakan salah satu desa wisata di Bali yang memiliki sumber idaya alam yang indah. Potensi tersebut menjadikan dibangunnya beberapa objek wisata, yang menjadi identitas utama dari desa wisata tersebut adalah objek wisata arum jeramnya. Pengajaran bahasa Inggris komunikatif berbasis budaya diharapkan mampu untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan sekaa truna dalam berbahasa Inggris. Metode komunikatif menjadi salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Menyisipkan unsur-unsur budaya diharapkan sekaa truna juga mampu untuk melestarikan budaya yang mereka miliki. Memberikan pendampingan kepada sekaa truna diharapkan mampu memberikan manfaat untuk sumber daya manusia di desa tersebut sebagai dukungan dalam menunjang keberlanjutan desa wisata. Walaupun belum diketahui kapan pariwisata Bali pulih, namun mempersiapkan lebih awal lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...