Almufi Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 2: Agustus (2022)

Improving Students’ Speaking Ability by Using Role Play at SMAN 2 Banda Aceh

Sri Wahyuni (Universitas Bina Bangsa Getsempena)
Maulizan ZA (Universitas Bina Bangsa Getsempena)
Rudi (Universitas Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengembangkan kemampuan berbicara siswa pada siswa kelas satu SMAN 2 Banda Aceh melalui kegiatan role play. Metodologi yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah 34 siswa kelas II SMAN 2 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan role play memberikan kemungkinan untuk mengungkapkan kemampuan siswa dalam berbicara dan meningkatkan komunikasi yang lebih baik. Selanjutnya, hasil pre-test tindakan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 47,47. Hanya ada tiga siswa atau 13,04 % siswa yang mendapat nilai lulus kriteria tingkat ketuntasan minimal (KKM). Sementara itu, peneliti menemukan bahwa rata-rata hasil post-test kedua siswa adalah 69,15, juga menunjukkan bahwa dua puluh dua siswa (95,65%) yang lulus kriteria tingkat ketuntasan minimal (KKM). Dalam hal ini, skor tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas I SMAN 2 Banda Aceh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AJP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Almufi jurnal Pendidikan didirikan sejak tahun 2021, jurnal ini di singkat dengan AJP. Almufi jurnal Pendidikan (AJP) menerima artikel berupa hasil penelitian pada bidang pendidikan secara umum. terkhusus pada perkembangan siswa, belajar dan pembelajaran, serta masalah lain yang berkaitan dengan ...