JURNAL CURERE
Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Curere

ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA

Frikson Jony Purba (Universitas Quality)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada hari Kamis 16 Juni 2022 yang bertujuan untuk menentukan gambaran kemampuan siswa, mengetahui kesulitan belajar siswa, dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa SD RK FR. XAVERIUS Namorambe  Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan  wawancara.  Dimana jumlah soal tes  berjumlah 5 soal dimana tes bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa dan  wawancara berjumlah 10 butir pernyataan dimana angket bertujuan untuk mencari faktor kesulitan belajar siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka gambaran kemampuan siswa didapat pada kategori rendah yaitu sebesar 58,44. Hasil tersebut diperoleh dari menghitung nilai rata-rata 32 orang setelah diberi soal tes sejumlah 5 soal. Sedangkan kesulitan belajar siswa dapat ditentukan dengan rumus : P =  x 100%. Dimana P adalah Persentase Jawaban, f adalah frekuensi jawaban salah, dan N adalah banyaknya siswa. Sehingga diperolah hasil kesulitan siswa adalah 68,12%. Dan untuk mendapatkan factor kesulitan belajar siswa dapat diperoleh dengan memberikan wawancara yang isinya adalah 10 pernyataan yang diberikan kepada siswa yang nilainya dibawah KKM. Berdasarkan analisis yang dilakukan dari jawaban angket siswa maka dapat disimpulkan bahwa faktor kesulitan belajar siswa memliki 2 faktor yaitu factor internal dan eksternal. Faktor internal atau faktor yaitu seperti siswa kurang paham dalam pembelajaran operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama atau siswa tidak menguasai konsep, faktor eksternal yaitu siswa tidak diajari atau diarahkan oleh orang tua saat belajar dirumh, dengan adanya internet siswa lebih suka mencari jawaban dariinternet sehingga membuat siswa menjadi malas dalam berpikir. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...