Pola pendidikan orang tua di rumah merupakan faktor penting yang berhubungan dengan kecerdasan sosio-emosional anak dari latar belakang keluarga vang berbeda akan membentuk pola pendidikan orang tua di rumah yang berbeda-beda dan diperkirakan dan diperkirakan dari pola pendidikan orang tua di rumah itu membentuk kecerdasan sosio-emosional yangberbeda juga terhadap anak. Di SD Negeri 101809 Ajibaho biru-biru belum pernah diadakan penelitian tentang hubungan antara pola pendidikan orang tua di rumah dengan kecerdasan sosio-emosional anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeatahui hubungan pola pendidikan orang tua di rumah dengan kecerdasan sosio-emosional anak di SD Negeri 101809 Ajibaho Biru-biru. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu pola pendidikan orang tua di rumah dimana teori ini dikemukakan oleh Helmawati (2014:138) dan dalam teori tersebut terdapat empat jenis pola pendidikan orang tua di rumah yaitu: (1) pola otoriter (parent oriented), (2) pola permisif (children centered), (3) pola demokratis, (4) pola situasional. Variabel kedua yaitu kecerdasan sosio-emosional anak yang merupakan teori dari Maurice (1999) menyatakan bahwasanya terdapat unsur-unsur penting dalam kecerdasan sosio-emosional anak, diantaranya: (1) kecakapan pribadi, (2) kecakapan sosial, (3) keterampitan sostal Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian in adalah siswa SD Negeri 101809 Ajibaho Biru-biru seluruhnva berjumlah 50 orang Sampel peneliion ini diambil sebanyak 50% dengan menggunakan teknik sumping proportionate stratified random sampling, maka sampel berjumlah 25 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket yaitu angket pola pendidikan orang tua di rumah (Variabel X) dom angket kecerdasan sosio-emosional anak (Variabel 1). Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi Product Momen dan uji-t. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan pola pendidikan orang tua di rumah cenderung tergolong sedang dengan rata-rata skor sebesar 94.25 dan data kecerdasan sosioemosional anak cenderung tergolong sedang dengan rata-rata skor 48,56. Hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai rxy = 0,716 rtabel - 0,246 dan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 8,087 1 tabel - 1,667. Dengan demikian disimpuikar bahwa terdapat hubungan yang signifikan antura pola pendidikan orung tua di ruma dengan kecerdasan sosio-emosional anak di SD Negeri Ajibaho Biru-biru Tahun Ajaran 2021/2022.
Copyrights © 2022