EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education
Vol 6, No 1 (2022): Januari-Maret

ELECTRONIC LEARNING (STUDI TENTANG MODEL, KEBIJAKAN, DAN PROBLEMATIKANYA DI INDONESIA)

Yusnaili Budianti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Rahmat Rifai Lubis (Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera Medan)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model-model penerapan E-Learning, Kebijakan E-Learning di Indonesia, dan problematikanya. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis studi Pustaka. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa model E-Learning jika ditinjau dari jenis pembelajaran terdiri dari Learner-Led E-Learning, Instructor-Led E-Learning, Facilitated E-Learning, Embedded E-Learning, Telementoring dan E-Coaching. Berdasarkan bentuk pembelajarannya model E-learning terdiri dari Pembelajaran Online, Pertemuan Online, Sumber Belajar Online, Penilaian Online. Prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat secara umum, serta mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial dalam upaya pemenuhan layanan pendidikan selama pandemi Covid-19. Beberapa kendala yang dihadapi keterbatasan perangkat e-learning, Kendala Jaringan, kendala Sumber daya Manusia, tidak mampu menyentuh aspek psikologi, tidak memiliki perangkat sendiri, Sulit dalam pengawasan, penguasaan capaian, membatasi ruang gerak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduriligia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education sciences formed in year 2017 with E-ISSN 2581-0251 with DECREE No. 0005.25810251/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.07-27 July 2017 and P-ISSN 2597-7377 SK No. 0005.25977377/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.09-19 September 2017. The study and judgment done by the ...