Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2022: SPECIAL EDITION: LALONGET III

Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka

Prihatini, Arti (Unknown)
Sugiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Guru dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik dengan menerapkan kurikulum yang sedang berlaku. Akan tetapi, guru belum menerapkan kurikulum tersebut, tetapi sudah diminta menerapkannya dalam Program Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab). Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengalaman mahasiswa PPG Daljab dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian ini adalah narrative inquiry. Subjek penelitian adalah lima mahasiswa PPG Daljab Universitas Muhammadiyah Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa awalnya guru kurang siap dalam menerapkan Kurikulum Merdeka sebab para guru belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup. Meskipun demikian, proses pembelajaran PPG yang menyarankan penerapan Kurikulum Merdeka mendorong guru untuk terus berinovasi dalam pembelajaran dalam hal perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hingga tindak lanjut. Pada umumnya, proses itu pun mengalami kendala substansial dan teknis, tetapi hal tersebut dapat diatasi guru dengan terus berupaya menggali pengetahuan dan menambah pengalaman secara konkret melalui praktik. Dengan demikian, guru pun memiliki kesiapan yang jauh lebih matang setelah guru selesai mengalami fase praktik pengalaman lapangan. Guru merespons bahwa Kurikulum Merdeka ternyata jauh lebih mudah diterapkan jika guru memiliki pemahaman dan pengalaman yang cukup.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...