Peran guru merupakan orang yang berprofesi sebagai pengajar dan memiliki tanggung jawab untuk memberikan ilmu pengetahuan, mengembangkan kemampuan dan membimbing peserta didik menuju kedewasaan serta membentuk moral yang baik. Peran guru juga memiliki sebuah peran penting dalam pembelajaran kepada peserta didik di lembaga TPA. TPA merupakan salah satu kegiatan pendidikan non formal yang berada ditengah-tengah masyarakat seperti mengaji. Sebagai langkah awal mengaji Iqro peserta didik harus mengenal huruf-huruf hijaiyyah. Peserta didik mengaji menggunakan buku Iqro karena Iqro dalam prakteknya tidak menggunakan alat yang maca-macam, Iqro lebih menekankan pada bacaan langsung yang tanpa dieja kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatnya kemampuan membaca Iqro dalam mengaji di TPA Mina Sawangan Depok. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif study kasus, dilakukan di TPA Mina Sawangan Depok sejak April sampai Juni 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Iqro dilakukan dalam proses pelaksanaan dengan penerapan metode dalam meningkatkan kemampuan membaca Iqro, guru melaksanakan pembelajaran Iqro sambil bernyanyi dan mengadakan evaluasi membaca Iqro. The role of the teacher is a person who works as a teacher and has the responsibility to provide knowledge, develop abilities and guide students towards maturity and form good morals. The role of the teacher also has an important role in learning to students in TPA institutions. TPA is one of the non-formal education activities that are in the midst of society such as reciting the Al-Quran. As a first step in reciting Iqro, students must know the hijaiyyah letters. Students recite the Al-Quran using the Iqro book because Iqro in practice does not use various tools, Iqro emphasizes direct reading without being re-spelled. This study aims to determine the increase in Iqro's reading ability in the Al-Quran at TPA Mina Sawangan Depok. The method used is a qualitative case study approach, carried out at the Mina Sawangan TPA Depok from April to June 2022. The results show that the role of the Al-Quran teacher in improving Iqro reading skills is carried out in the implementation process by applying methods to improve Iqro reading skills, the teacher carries out Iqro learning while singing and conducting an Iqro reading evaluation.
Copyrights © 2022