Jurnal Sosial Humaniora Sigli
Vol 5, No 2 (2022): Desember 2022

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE TIER PADA MATERI GERAK LURUS

Sony Yunior Erlangga (Pendidikan Fisika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Susanti Susanti (Pendidikan Fisika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kuantitas Peserta didik yang miskonsepsi pada materi Gerak Lurus. Subjek penelitian berjumlah 30 peserta didik kelas X MIA 1 SMA SahabatQu yogyakarta dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data diantaranya dokumentasi hasil tes, wawancara dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah three tier-test. Hasil urutan miskonsepsi yang paling banyak terjadi secara berturut-turut ditemukan pada, Gerak vertikal (26%), kelajuan dan kecepatan (18%), GLB (17%), Jarak dan perpindahan  (16%), dan GLBB (15%). Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan hal yang sama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSH

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan ...