Dalam pengembangan ekonomi nasional di Indonesia, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah mampu berkontribusi menopang ekonomi kerakyatan dan mengurangi kemiskinan dan jumlah pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemberdayaan UMKM yang berbasis One Village One Product (OVOP) pada UMKM Batik Sentra Desa Dagan Kabupaten Purbalingga melalui pengembangan usaha yang dilaksanakan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, display data, dan triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan yang dilakukan ialah program UP2K berbentuk Program Desa Wisata dengan menerapkan inovasi produk dan mempertahankan kualitas serta kekhasan produk yang dikembangkan melalui potensi wisata desa untuk menjaga eksistensi produk. Pengembangan usaha dilakukan dengan peningkatan kualitas produk dan peningkatan inovasi variasi motif oleh pengrajin batik, dilaksanakannya pengembangan sumber daya manusia melalui adanya pertemuan rutinan dan pelatihan, serta upaya mempertahankan ciri khas keklasikan yang telah dimiliki batik Desa Dagan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022