MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2022): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa Kelas VII

Laila Safitri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Novaliyosi Novaliyosi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Jaenudin Jaenudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa E-Modul yang menarik dan memanfaatkan kehidupan sehari-hari agar dapat membantu siswa lebih tertarik untuk mempelajari Matematika. Penelitian dan pengembangan (RnD) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini Model yang digunakan adalah penelitian model 4D. Model penelitian 4D memiliki 4 tahap yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian yaitu 21 orang siswa dari kelas VIII SMPN 14 Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa E-Modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Aritmatika Sosial yang dikembangkan Valid dan praktis dengan persentasi kevalidan sebesar 82.88% dan persentasi kepraktisan sebesar 86.89%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...