Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Kartu Kuartet sebagai peningkatan penguasaan kosakata siswa kelas IIE di SDI Ma’arif Tawangsari Garum. Hasil wawancara wali kelas IIE di SDI Ma’arif Garum penggunaan media kurang maksimal dan rendahnya penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket ahli materi, ahli media, penilaian guru, respon kemenarikan siswa, soal pretest dan posttest. Teknik analisa yang digunakan berupa angket ahli materi, ahli media, penilaian guru, respon kemenarikan siswa, soal pretest dan posttest . Hasil penelitian ini meliputi validasi ahli materi diperoleh presentase 87,5 % dengan kriteria sangat valid tanpa revisi dan validasi ahli media diperoleh presentase 78,75 % dengan kriteria valid dengan kriteria revisi sesuai saran, hasil uji coba respon kemenarikan siswa mendapatkan nilai 93,5 % dengan kategori sangat menarik. Kartu Kuartet untuk peningkatan penguasaan kosakata mengalami peningkatan tinggi dengan skor N-Gain keseluruhan yaitu 0,82. Jadi pengembangan media Kartu Kuartet valid serta menarik digunakan dan dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa.
Copyrights © 2022