Tsaqafatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 2 (2022): Pendidikan Islam: Integrasi Nilai, Pengembangan Karakter, dan Inovasi Teknologi

Konsep Lembaga Pendidikan di Pesantren Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama

Wahyuni, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Indonesia memiliki dua organisasi besar yaitu Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dimana organisasi tersebut memiliki perbedaan paham dan pemikiran, salah satu contohnya dalam konsep yang digunakan pada lembaga pendidikan yang dimilikinya misalnya pesantren. Pesantren di Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama terdapat perbedaan dalam focus sistem pendidikan serta kajiaanya. Untuk metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan library research, dimana pertama yang dilakukan mencari sejumlah buku, jurnal dan hasil penelitian kemudian membaca dan menelaahnya. Dan hasil penelitian ini sejarah lembaga pendidikan islam di Indonesia, konsep lembaga pendidikan di pesantren Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dapat diketahui letak perbedaanya itu dimana.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tsaqafatuna

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh STIT Buntet Pesantren Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Mei dan Oktober. Fokus kajian bertemakan pendidikan agama islam dari beragam aspek, baik metode dan teknik ...