Generation Journal
Vol 6 No 2 (2022): Generation Journal

Evaluasi Google Classroom Menggunakan Webqual 4.0 dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19

Putri, Unzilla Savika (Unknown)
Putra, Rocky Ardiansyah Yudistira (Unknown)
Mashuri, Chamdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2022

Abstract

Abstrak – Pandemi covid-19 telah memberikan pengaruh di berbagai jenis kegiatan, terutama kegiatan pembelajaran. Pandemi mengubah sistem pembelajaran menjadi berbasis online atau daring. Pembelajaran daring merupakan upaya dimana proses pembelajaran tidak berlangsung namun dilakukan secara virtual melalui koneksi internet. Pembelajaran daring melalui media pembelajaran online merupakan peran yang penting untuk keberlangsungan pembelajaran selama covid-19 melanda. Aplikasi pembelajaran yang dipakai untuk untuk keberlangsungan pembelajaran adalah Google classroom. Website Google classroom merupakan sebuah e-learning milik perusahaan Google yang dapat dihubungkan dengan email, sehingga mudah untuk diakses. Tujuan dari penelitian adalah menghitung kualitas website Google classroom dalam perkuliahan pemrograman web pada Universitas Hasyim Asy’ari. Metode yang digunakan dalam pengukuran kualitas website Google classroom adalah WebQual 4.0. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan instrumen penelitian yang dibuat berdasarkan indikator WebQual 4.0 kemudian disebarkan kepada mahasiswa prodi Teknik Informatika semester 4. Hasil dari penelitian diperoleh jawaban responden bahwa tingkat kualitas website Google classroom berdasarkan ketiga indikator WebQual 4.0 dikategorikan baik meliputi Usability mendapatkan nilai 69%, Information Quality mendapatkan nilai 64%, dan Interaction Quality mendapatkan nilai 66%. Hasil nilai keseluruhan dari masing-masing indikator WebQual 4.0 yang didapatkan sebesar 66% dengan kategori baik. Kata Kunci: Covid-19, Google classroom, Pemrograman web, WebQual 4.0.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gj

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Generation (Genius Research Implementation Of Information Technology) Journal diterbitkan oleh Universitas Nusantara PGRI Kediri dan dikelola oleh Prodi Teknik Infomatika Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tujuan dari Jurnal ini adalah untuk memfasilitasi publikasi ilmiah dari hasil-hasil penelitian ...