AQUANIPA-Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan
Vol 4, No 2 (2022): AQUANIPA, Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan

KARAKTERISTIK KONSUMEN DALAM PEMBELIAN IKAN SEGAR DI PASAR TRADISIONAL WURING KECAMATAN ALOK BARAT, KABUPATEN SIKKA

Sofia Dhengi (UNIPA)
Maria Imaculata Rume (UNIPA)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2022

Abstract

Pasar tradisional memiliki peranan sangat strategis dalam menggerakan roda perekonomian daerah secara umum khususnya masyarakat sekitar pasar. Pasar tradisional Wuring menawarkan berbagai macam produk ikan baik ikan segar maupun olahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen dalam pembelian ikan segar di Pasar Tradisional Wuring. Metode yang dilakukan adalah metode survei dan pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang membeli ikan segar di Pasar tradisional Wuring adalah perempuan yang berada pada rentang usia 31-50 tahun dengan rata-rata tingkat pendidikan Diploma (D3/S1) sebesar 45,33% pekerjaan sebagai ibu rumah tangga lainnya dengan pendapatan rata-rata berkisar Rp 500.000-Rp 1.000.000 perbulan dengan jumlah anggota keluarga sebanyak 4 orang (28%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

projemen

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Other

Description

AQUANIPA, Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Perikanan Berkelanjutan, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Nipa, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta ...