Pasar tradisional memiliki peranan sangat strategis dalam menggerakan roda perekonomian daerah secara umum khususnya masyarakat sekitar pasar. Pasar tradisional Wuring menawarkan berbagai macam produk ikan baik ikan segar maupun olahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen dalam pembelian ikan segar di Pasar Tradisional Wuring. Metode yang dilakukan adalah metode survei dan pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang membeli ikan segar di Pasar tradisional Wuring adalah perempuan yang berada pada rentang usia 31-50 tahun dengan rata-rata tingkat pendidikan Diploma (D3/S1) sebesar 45,33% pekerjaan sebagai ibu rumah tangga lainnya dengan pendapatan rata-rata berkisar Rp 500.000-Rp 1.000.000 perbulan dengan jumlah anggota keluarga sebanyak 4 orang (28%).
Copyrights © 2022