Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 9, Nomor 3, November 2022

Pembelajaran Pada Awal Masa Kenormalan Baru Di Sekolah Dasar Inpres Jongaya

FIRDAUS W SUHAEB (Universitas Negeri Makassar)
Ernawati S Kaseng (Universitas Negeri Makasar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalis faktor-faktor penghambat pembelajaran pada awal kenormalan baru di Sekolah Dasar Inpres. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian Sekolah Dasar Inpres Jongaya di Kota Makassar.  Teknik penarikan informan guru kelas dilakukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data yaitu triangulasi su,ber untuk mengkaji kredibilitas data dari sumber data. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan waktu pembelajaran terbatas yang hanya 3 jam per hari pada awal masa kenormalan baru sehingga guru kelas di Sekolah Dasar Inpres Jongaya berupaya menerapkan strategi dan  metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di kelas. Namun strategi dan  metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan yang diterapkan oleh para guru kelas tersebut menemui beberapa faktor penghambat lain dalam proses pembelajaran, seperti pengelolaan  kelas, serta keterbatasan sarana dan prasarana belajar yang tersedia di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...