Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 4 (2022)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI SMP NEGERI 1 JOGONALAN, KLATEN

Purwo Haryono (Unwidha Klaten, Klaten, Indonesia)
Tukiyo Tukiyo (Unwidha Klaten, Klaten, Indonesia)
Sri Suwartini (Unwidha Klaten, Klaten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui  model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar  PPKN pada materi embag-lembaga negara  di SMP Negeri 1 Jogonalan,Klaten. . Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Subjek dalam  penelitian ini adalah siswa kelas  IXA SMP Negeri 1 Jogonalan, Klaten  tahun  pelajaran 2021/2022  yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  model  cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar  PPKN siswa kelas IXA.. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus 1  yakni 65  dan  di siklus II yakni  84.dengan rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 75 dengan persentase ketuntasan belajar  dari siklus I hingga siklus II yaitu: 69% ,78,% 97%,12% . Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara  siswa  membuat video dan mengembangkan video tersebut serta mendesain  dengan kreativitas sendiri, membimbing dalam kegiatan eksplorasi dan mengerjakan latihan yang mampu memotivasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...