Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 5 (2022)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS 4 SD

Fahrurrozi Fahrurrozi (Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia)
Yofita Sari (Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia)
Roy Ranto Simanjuntak (Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah berupa studi literatur yang di peroleh dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal melalui Google Scholar dan Sinta. Dari model pembelajaran inkuiri dipilih 10 hasil penelitian untuk dianalisis. Rata-rata nilai sebelum dilakukan model pembelajaran inkuiri adalah 64,96 dan setelah dilakukan model pembelajaran inkuiri hasil pembelajaran meningkatkan menjadi 85,85. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SD.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...