Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3, No 2 (2022): Agustus

STRATEGI PENGELOLAAN BISNIS KULINER LOKAL BERBASIS DIGITAL DI SENTRA KULINER TROPODO

Cynthia Yohanna Kartikasari (Universitas Surabaya)
Olivia Tanaya (Universitas Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menjadi permasalahan setiap negara, termasuk Indonesia. Banyak UMKM memiliki kendala untuk dapat bertahan. Salah satu UMKM yang terkena dampak adalah UMKM bidang kuliner. Kegiatan pembatasan telah mengakibatkan perubahan dalam lingkungan bisnis. Pihak UMKM dituntut untuk dapat mengoptimalkan peran teknologi agar dapat bertahan ditengah lingkungan bisnis yang baru. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Sentra Kuliner Tropodo, yang memiliki letak strategis untuk bisnis kuliner. Sebelum pandemi, bisnis kuliner ini berjalan lancar dan banyak pengunjung yang menghabiskan waktu di daerah ini. Namun, semenjak pandemi, jumlah pengunjung telah berkurang sehingga perlu adanya strategi atau inovasi yang dapat menarik pengunjung. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendampingan terkait pengotimalan teknologi dalam aktivitas bisnis. Metode yang digunakan yakni peninjauan, penyuluhan, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini yakni UMKM dapat memperbaiki layanan dan kualitas yang kurang dengan memanfaatkan penggunaan teknologi digital seperti penggunaan kasir elektronik, pembayaran menggunakan QRIS, dan promosi media sosial.Kata Kunci: teknologi digital, inovasi, kuliner.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

HMN

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health

Description

Humanism merupakan jurnal pengabdian masyaraka multidisiplin ilmiah. Jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya ini diharapkan menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian kalangan akdemisi ataupun peneliti. Artikel yang dimuat dalam jurnal humanism berbentuk pengabdian masyarakat ...