AGRIEKONOMIKA
Vol 11, No 1: April 2022

Pemanfaatan Teknologi Komunikasi melalui Digital Marketing pada Petani Milenial di Kota Batu, Jawa Timur

Eri Yusnita Arvianti (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)
Herdiana Anggrasari (Universtas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Masyhuri Masyhuri (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2022

Abstract

Salah satu bentuk digitalisasi dengan menggunakan teknologi internet saat ini sedang berkembang pesat. Teknologi tersebut dapat membantu petani untuk mengefisienkan rantai pemasaran. Oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi komunikasi melalui digital marketing oleh petani milenial di  Kota Batu, Jawa Timur. Penelitian dilakukan di kota Batu dengan jumlah responden sebanyak 30 petani muda yang berusia antara 15-35 tahun. Pemilihan lokasi dilakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan khusus bahwa di kota Batu terdapat banyak petani milenial yang sudah menggunakan teknologi komunikasi. Pada beberapa daerah kota Batu penggunaan teknologi komunikasi telah berkembang. Penggunaan teknologi komunikasi oleh petani milenial sebagian besar sudah cukup lama yaitu bekisar 6-10 tahun. Petani milenial sebagai generasi modern dapat menggunakan teknologi komunikasi untuk melakukan pemasaran produk pertanian sehingga produk pertanian dapat terdistribusi secara merata serta petani dan konsumen mendapatkan harga yang lebih efisien dibandingkan dengan harga produk dengan rantai pemasaran yang panjang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agriekonomika

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

AGRIEKONOMIKA, terbit dua kali dalam setahun yaitu pada April dan Oktober yang memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian bidang sosial, ekonomi dan kebijakan pertanian dalam arti ...