Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7, No 2 (2022): Volume 7 Nomor 2 Edisi Oktober 2022

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Bimantara Wahyu Adi (Bimbingan dan Konseling, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia)
Akhmad Fajar Prasetya (Bimbingan dan Konseling, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia)
I Made Sonny Gunawan (Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Mandalika, Mataram)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian dipilih dengan teknik nonprobability sampling design menggunakan purposive sampling. Pemilihan sampel didapatkan 12 siswa dari kelas XI Tata Busana 2 dan XI Tata Busana 3 yang berkategori nilai angket motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan wawancara. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan uji wikcoxon yang termasuk dalam analisis non parametrik. Hasil penelitian menunjukan konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...