Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Edisi April 2022

PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS VB SDN 9 AMPENAN

Isniwati Isniwati (Sekolah Dasar Negeri 9 Ampenan, Dinas Pendidikan Kota Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan tentang pembelajaran Sains di kelas tinggi khususnya di kelas V.B. diketahui bahwa proses pembelajaran lebih dominan dan terpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi pasif. Anggapan bahwa Sains pelajaran yang sulit merupakan salah satu penyebab dari rendahnya proses dan hasil belajar siswa, dilakukan kegiatan dengan menerapkan metode pembelajaran Kerja Kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Sains dengan menggunakan metode Kerja Kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V.B SDN 9 Ampenan dengan jumlah siswa 44 siswa yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data dari siswa diperoleh dari evaluasi hasil belajar dan hasil kerja kelompok LKS. Penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa di tiap siklusnya, sekurang-kurangnya siswa mendapat nilai >65 dan ketuntasan belajar mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata kelas 67,27 dengan persentase ketuntasan klasikal 68,18% dan rata-rata aktivitas siswa 9,33 dengan persentase 51,83%. Pada sikklus II rata-rata kelas meningkatkan menjadi 78,98 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,36 % dan rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 13,51 dengan persentase 75,05 %. Oleh karena itu, standar ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan yaitu 86% sudah tercapai. Berdasarkan analisa hasil penelitian tersebut penggunaan metode Kerja Kelompok ternyata mampu meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...