Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2022): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2022 - November 2022

ANALISIS BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSEGI PANJANG

Marta Hepo Lado (Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka)
Kristoforus D. Djong (Universitas Katolik Widya Mandira)
Irmina V. Uskono (Universitas Katolik Widya Mandira)
Yohana R. Rowa (Universitas Katolik Widya Mandira)
Maria, M.G. Gawa (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal segiempat khususnya persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulan data berupa soal tes berpikir kreatif dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa yang berkemampuan tinggi. Indikator berpikir kreatif yang digunakan meliputi kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility) dan kebaruan (novelty). Hasil penelitian disimpulkan berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TBK). Hasil penelitian menunjukan subjek pertama dapat memenuhi ketiga indikator (kefasihan, fleksibilitas, kebaruan), sehingga digolongkan berada pada TBK 4 (sangat kreatif), sedangkan subjek kedua dapat memenuhi satu indikator (kebaruan), sehingga digolongkan berada pada TBK 2 (cukup kreatif).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...