Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2022

PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Tissa Maharani (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Selama pandemi COVID 19, sistem pendidikan di Indonesia berubah. Perubahan ini di ukung Surat Edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai perubahan sistem pembelajaran tatap muka di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring yang diberlakukan untuk semua tingkat pendidikan, termasuk sekolah dasar. Pembelajaran jarak jauh ini menuntut guru dan siswa memahami, menggunakan dan memanfaatkan media teknologi informasi dan komunikasi semaksimal mungkin agar dapat bertemu di dunia maya dan melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan media teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di kelas rendah sekolah dasar. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Data yang digunakan adalah data sekunder yang dikumpulkan dari artikel, jurnal dan buku. Kriteria yang dipilih yaitu mengenai penggunaan dan pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi di kelas rendah sekolah dasar selama pembelajaran jarak jauh atau daring. Dari beberapa sumber yang didapatkan, kemudian dipilih yang paling relevan dan diperoleh 9 artikel. Hasil penelitian studi pustaka ini adalah media teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan selama pembelajaran daring di kelas rendah di beberapa sekolah dasar adalah WhatsApp, YouTube, Zoom Meeting, dan audio visual (animasi).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...