Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 1 No. 4 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Oktober 2022

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM NGESREP BOYOLALI

Ainul Luthfia Al Firda (Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)
Nikmatul Choiroh Pamungkas (Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Rendahnya minat anak didik khususnya dalam belajar aqidah akhlak di MA Nurul IslamĀ  Boyolali menjadi latar belakang dari penelitian ini. Rendahnya minat tersebut ditandai dengan monotonnya metode pembelajaran aqidah akhlak dengan metode verbalistik. Hal ini menimbulkan kejenuhan siswa dalam belajar. Beberapa guru juga terbentur dengan keterbatasan dalam penggunaan tekhnologi. Oleh sebab itu pengembangan metode belajar dirubah dengan gaya pembelajaran project based learning (PjBL). Tujuan dari penelitian ini untuk melihat efektifitas penerapan metode pembelajaran aqidah akhlak berbasis project based learning di MA Nurul Islam Boyolali. Metode penelitian menggunakan metode tindakan kelas dengan tahap perencanaan dan praktik tindakan kelas. Hasil penelitian menyatakan sebagian besar anak didik mulai tertarik untuk belajar aqidah akhlak, mulai memperdalam ilmu agama, aktif dan kooperatif dalam kerja kelompok, inovatif, kritis mampu memecahkan masalah dan manajemen waktu, serta ketertarikan pada suatu mata pelajaran cinderung meningkat.Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Project Based Learning, Pendidikan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...