JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 6 No. 2 (2022)

Manajemen Program Boarding School Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di MTs. Mu’allimin NW Anjani Lombok Timur

Dedy Efendy (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia)
Fahruddin Fahruddin (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia)
Muhammad Makki (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia)
Asrin Asrin (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia)
Lalu Sumardi (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen program Boarding school dalam membentuk karakter religius peserta didik. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data skunder. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penampilan data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan kabsahan data menggunakan uji creadibility, Transferbility, Defendability, dan comfirmability. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Proses perencanaan program Boarding school berlangsung dalam bentuk forum musyawarah yang diikuti oleh yayasan, tenaga pendidik, komite madrasah, wali santri, tenaga kependidikan, dan pengurus asrama. (2) Pengorganisasian pada program Boarding school merupakan kegiatan pembagian tugas yang ditentukan secara struktural (3) Pelaksanaan program Boarding school terbagi menjadi beberapa jenis kegiatan; 1) kegiatan religius di lingkungan asrama. 2) kegiatan religius di lingkungan madrsah/sekolah. 3) pembiasaan budaya religius di lingkungan asrama dan lingkungan sekolah. (4) Pengontrolan program Boarding school di MTs Mu’allimin NW Anjani dilakukan dalam bentuk evaluasi kegiatan setiap bulan bersama pengurus program Boarding school. (5) Faktor pendukung; Fasilitas asrama dan madrasah, pengasuh tetap bersama santri, kerjasama orang tua dan guru, semangat menuntut ilmu, dan do’a serta semangat orang tua. Faktor penghambat; turunnya komitmen dari diri sendiri; tercermin dari kenakalan, kebosanan, dan kemalasan santri karena kegiatan-kegiatan terlalu padat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan (JPAP) adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan dan diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Mataram. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Administrasi Pendidikan. Pada ...