cover
Contact Name
Dr. Sudirman Wilian, M.A
Contact Email
jpap@unram.ac.id
Phone
+6281936732708
Journal Mail Official
jpap@unram.ac.id
Editorial Address
Jl. Pendidikan No. 37 Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Published by Universitas Mataram
ISSN : 25486233     EISSN : 25486241     DOI : -
Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan (JPAP) adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan dan diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Mataram. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Administrasi Pendidikan. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Administrasi Pendidikan bagi masyarakat akademik.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 59 Documents
KAJIAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT MENGGUNAKAN MODEL SERVQUAL Surya Karwati; Syafruddin Syafruddin; Sukardi Sukardi
(JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpap.v2i2.29

Abstract

Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kabupaten Sumbawa Barat Nusa Tenggara Barat Tahun 2014/2015. Eka Prihatin; Wildan Wildan; Nyoman Sridana
(JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpap.v1i1.4

Abstract

PENGARUH SUPERVISI PENGAWAS, PENGALAMAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SIKUR LOMBOK TIMUR Ayatul Hasanah; Agus Ramdani; Hamidsyukrie ZM
(JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpap.v2i1.22

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi pengawas, pengalamanpendidikan dan pelatihan (diklat) guru terhadap kompetensi profesional dan kompetensisosial guru SMP Negeri di Kecamatan Sikur.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan pendekatan ex-post facto.Populasi dalam penelitian adalah semua guru SMP Negeridi Kecamatan Sikur yang berjumlah 156 orang. Sampel penelitian berjumlah 111 orangditentukan menggunakan teknik proportionate random sampling. Data dikumpulkan denganangket.Analisis dalam penelitian adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkanbahwa; 1) terdapat pengaruh supervisi pengawas terhadap kompetensi profesional guru,2)terdapat pengaruh pengalaman pendidikan dan pelatihan (diklat) guru terhadap kompetensiprofesional guru, 3) terdapat pengaruh supervisi pengawas terhadap kompetensi sosial guru,4) terdapat pengaruh pengalaman pendidikan dan pelatihan (diklat) guru terhadap kompetensisosial guru, 5) terdapat pengaruh supervisi pengawas, pengalaman pendidikan dan pelatihan(diklat) guru secara bersama-sama terhadap kompetensi profesional guru, 6) terdapatpengaruh supervisi pengawas, pengalaman pendidikan dan pelatihan (diklat) guru secarabersama-sama terhadap kompetensi sosial guru.Kata kunci: Supervisi Pengawas, Pengalaman Pendidikan dan Pelatihan (Diklat),Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial.ABSTRACTThe objective of this research is to know and determine the influence of the supervision ofsupervisor, education and training experience (training) to the professional competence andsocial competence of Junior High School teachers in District Sikur. This research is aquantitative approach to ex-post facto. The population in this research 156 all of Junior HighSchool teachers in District Sikur. These samples included 111 people are determined usingproportionate random sampling technique. Data were collected by questionnaire. The analysisin this research is regression analysis. The results show that; 1) there is the influencesupervision of supervisor to the professional competence of teachers, 2) there is influenceofeducational experience and training (training) of teacher to the professional competence ofteachers, 3) there is the influence supervision of supervisor to the social competence ofteachers,4)there is the influenceof educational experience and training (training)of teacher tothe social competence of teachers, 5) there is the influence supervisionof supervisor,educational experience and training (training) of teacher together to the professionalcompetence of teachers, 6) there is the influence supervision ofsupervisior, education andtraining experience (training) of teacher together against to the social competence of teachers.Keywords:Supervision of Supervisors, Experience Education and Training (Training),Professional Competence, Social Competence.
Strategi Manajerial Kepala SMK Negeri 1 Praya Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Baiq Jasni Mahayani; Sudirman Wilian; Muntari Muntari
(JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.635 KB) | DOI: 10.29303/jpap.v4i1.38

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang strategi manajerial kepala sekolah untuk meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Praya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakasek, kepala tata usaha, dan pengawas pembina yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini terdiri atas data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber datanya dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen dan arsip-arsip yang sifatnya mendukung data penelitian. Pengumpulan data dilakukan secara sistematis dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, display data, verifikasi data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajerial yang dilakukan kepala SMK Negeri 1 Praya telah disesuaikan dengan program-program atau kegiatan yang telah disusun sehingga memberi dampak positif dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Praya.Kata Kunci: Strategi Manajerial; Mutu Lulusan; Sekolah Menengah Kejuruan.
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT Muhibbudin Muhibbudin
(JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpap.v2i1.19

Abstract

AbstrakStudi ini mengkaji tentang upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guruSD Negeri di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, difokuskan pada tugas kepalasekolah sebagai leader, inovator, dan motivator. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studidokumentasi. Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitianmenemukan: (1) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagai leader, bahwa upaya kepalasekolah meliputi: pemberdayaan dan pembinaan melalui kegiatan diskusi, workshop, KKG,supervisi, dan Evaluasi Diri Guru (EDG), dengan menunjukkan sikap keteladanan,keterbukaan, kedisiplinan, dan komunikatif di antara kepala sekolah dengan semua wargasekolah. (2) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagai inovator, bahwa upaya yang dilakukanoleh kepala sekolah adalah melakukan perumusan program-program yang sesuai dengansituasi dan tuntutan sekolah, seperti mengembangkan program sekolah sehat, bersih, indah,dan menyenangkan, serta menyusun program pembinaan melalui kegiatan pertemuan antarguru mata pelajaran pada setiap gugus. (3) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagaimotivator, upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah memelihara semangat kerjaguru dengan mendorong untuk melakukan studi lanjut, memberikan reward danpunishment. Reward diberikan kepada guru yang dianggap memiliki prestasi dalam bentukhadiah dan pujian. Sementara punishment diberikan kepada guru yang dianggap melanggaraturan dan tata tertib di sekolah serta tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik.Kata-kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru.Abstract: This study examines the efforts of principals in improving the professionalism ofteachers Elementary School in District Lingsar West Lombok regency, focused on the task ofthe principal as a leader, innovator and motivator. This study used a qualitative approach.Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Theinformants are principals and teachers. The study found: (1) In terms of duty of the principalas leader, that efforts principals include: empowerment and guidance through discussions,workshops, KKG, supervision and Self-Evaluation of Teachers (EDG), by showing the attitudeexemplary, openness, discipline, and communicative among principals with all the citizens ofthe school. (2) In terms of duty of the principal as an innovator, that the efforts made by theprincipal is the formulation of programs according to the situation and the demands ofschool, such as developing the school program healthy, clean, beautiful, and fun, as well ascomposing coaching program through meetings between teachers of subjects in each group.(3) In terms of the principal duties as a motivator, the efforts made by the head of the schoolis to maintain morale by encouraging teachers to conduct further studies, reward andpunishment. Reward given to teachers who are considered to have achievements in theform of gifts and compliments. While the punishment given to teachers deemed in violationof rules and regulations in school and not able to function properly.Keywords: Efforts Principal, Teacher Professionalism
HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA Dede Rohama; Agus Ramdani; Joni Rokhmat
(JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpap.v2i2.30

Abstract

Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Organisasi Sekolah di SDN 1 Sandik Kecamatan Batulayar Linawati Wijaya; Dadi Setiadi; Muhammad Zulfikar Syuaib
(JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpap.v1i1.5

Abstract

PENGELOLAAN PROGRAM PEMBELAJARAN (STUDI PADA SMP NEGERI 2 LABUHAN HAJI ) KABUPATEN LOMBOK TIMUR Muhammad Yani; Wildan Wildan; Joni Rohkmat
(JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpap.v2i1.23

Abstract

ABSTRAKSMP Negeri 2 Labuhan Haji merupakan salah satu sekolah negeri milikpemerintah, yang memiliki orientasi sebagai sekolah yang tetap diminati olehwarga dan masyarakat Lombok timur. Lembaga pendidikan ini didasarkan padasuatu fenomena bahwa SMP Negeri 2 Labuhan Haji merupakan salah satu sekolahmenengah pertama yang sudah lama berdiri dan tetap diminati oleh masyarakatdan lingkungan setempat. SMP Negeri 2 Labuhan Haji berdiri pada tahun 1985dengan jumlah rombongan belajar 9 ruang kelas. Pada awal berdirinya sekolah inibernama SMP Negeri 6 Selong. Sekolah ini berada di Desa Labuhan HajiKecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Seiring denganperkembangan birokrasi dibidang pemerintahan dan pendidikan, maka sekolahinipun sering berganti nama. Berikut kami sajikan riwayat peralihan nama SMPNegeri 2 Labuhan Haji, yaitu 1) SMP Negeri 6 Selong, 2) SLTPN Negeri 6Selong, 3) SLTPN 2 Labuhan Haji, 4) SMP Negeri 2 Labuhan Haji. Fokuspenelitian ini adalah bagaimanakan pengelolaan program pembelajaran di SMPNegeri 2 Labuhan Haji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikantentang penyelenggaraan pengelolaan program pembelajaran di SMP Negeri 2Labuhan Haji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodedeskriptif analisis melalui rancangan studi kasus.Kata Kunci: Pembelajaran modern religius.ABSTRACTSMP Negeri 2 Labuhan Haji is one of the government-owned public schools,which have a fixed orientation as a school that is in demand by the citizens and thepeople of Lombok to the east. Educational institutions is based on a phenomenonthat SMP Negeri 2 Labuhan Haji is one of the secondary school's long-standingand still in demand by the local community and environment. SMP Negeri 2Labuhan Haji established in 1985 with the number of classrooms 9 classrooms. Atthe beginning of this school named SMP Negeri 6 Selong. The school is located inthe village of Labuhan Haji Labuhan Haji District of East Lombok. Along with thedevelopment of the field of governance and education bureaucracy, the schooleven this is often renamed. Here we present the history of transitional name SMPNegeri 2 Labuhan Haji, namely 1) SMP Negeri 6 Selong, 2) Foreign SLTPN 6Selong, 3) SLTPN 2 Labuhan Haji, 4) SMP Negeri 2 Labuhan Haji. The focus ofthis research is how is the management of learning programs at SMP Negeri 2Labuhan Haji. The purpose of this study was to describe the implementation of themanagement of learning programs at SMP Negeri 2 Labuhan Haji. This study useda qualitative approach with descriptive methods of analysis through case studydesign.Keywords:Education modern religious.
Pengaruh Kinerja Guru terhadap Kualitas PAUD di Gugus 3 Kabupaten Gerung Ista Laoria Alfionita; L. Muhaimi; Fahruddin Fahruddin
(JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.455 KB) | DOI: 10.29303/jpap.v4i1.39

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi pengaruh kinerja guru terhadap kualitas PAUD. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di PAUD-PAUD gugus 3, Kecamatan Gerung dengan populasi sebanyak 50 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari 50 orang termasuk 12 kepala sekolah dan 38 guru PAUD di gugus 3 di Kecamatan Gerung yang diambil dengan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada kinerja guru terhadap kualitas PAUD dalam kelompok 3 kabupaten Gerung sebesar 2, 1%.Kata Kunci: Kinerja Guru, Kualitas, PAUD
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN KOPANG Muhamad Riza Fahlevi
(JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpap.v2i1.18

Abstract