Jurnal Prakarsa Paedagogia
Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022

Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Penemuan Terbimbing

Supartini, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika khususnya materi statistika pada siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Subyek penelitian adalah kelas IX C yang berjumlah siswa 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16  siswa. Pelaksanaannya bulan Januari sampai dengan Februari 2019 yang terdiri 2 siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode tes dan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan baik keaktifan siswa maupun hasil prestasi belajarnya. Siklus I, prosentase keaktifan siswa = 65,63 %, dan nilai rata-rata hasil prestasi = 74,53, sedangkan siklus II prosentase  keaktifan siswa 96,64,  rata-rata hasil prestasi = 82,34. Berdasarkan indikator keberhasilan, dan  hasil penelitian,   Pembelajaran Matematika melalui pendekatan kontekstual berbasis penemuan terbimbing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil prestasi matematika kelas IX C SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Education

Description

iterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Pendidikan baik dari Mahasiswa dan Dosen untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas ...