Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika khususnya materi statistika pada siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Subyek penelitian adalah kelas IX C yang berjumlah siswa 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa. Pelaksanaannya bulan Januari sampai dengan Februari 2019 yang terdiri 2 siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode tes dan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan baik keaktifan siswa maupun hasil prestasi belajarnya. Siklus I, prosentase keaktifan siswa = 65,63 %, dan nilai rata-rata hasil prestasi = 74,53, sedangkan siklus II prosentase keaktifan siswa 96,64, rata-rata hasil prestasi = 82,34. Berdasarkan indikator keberhasilan, dan hasil penelitian, Pembelajaran Matematika melalui pendekatan kontekstual berbasis penemuan terbimbing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil prestasi matematika kelas IX C SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang
Copyrights © 2022