Pujian yang wajar atau reward yang diberikan dengan tepat mempunyai peranan penting bagi anak dan memberikan semangat bagi semua anak agar dapat meciptakan kemandirian saat melakukan kegiatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan motivasi belajar dapat meningatkan rasa kemandirian anak pada anak usia 3-4 tahun ditaman kanak-kanak taruna sriwijaya sukamaju. Dalam penelitian ini populasinya berjumlah terdiri dari 4 kelas berjumlah 82 anak. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 dengan jumlah 21 anak. Hasil posttest menunjukkan adanya perubahan terlihat dari rata-rata posttest kelas eksperimen 83,9 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 29. Maka di peroleh nilai thitung 7,418 dengan sig (2 tailed ) 0,05. Kesalahan ditetapkan 0,05 dengan dk=n-1 (dk=10-1) maka diperoleh ttabel 1,833. thitung 7,418 ≥ t tabel 1,833 menggunakan Motivasi Belajar dapat meningkatkan Kemandirian. Berdasarkan uraian diatas jelas terlihat perkembangan anak sebelum menggunakan Motivasi Belajar dan sesudah menggunakan Motivasi Belajar thitung 7,418 ≥ ttabel 1,833 yang berarti menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak, maka bisa disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan melalui Motivasi Belajar terhadap Kemandirian anak di Kelompok B Taman Kanank- Kanak Taruna Sriwijaya Palembang.
Copyrights © 2022