Chemistry Education Practice
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi November

Perbandingan Minat Belajar Metodologi Penelitian Pada Pembelajaran Berbasis Web Antara Yang Menggunakan Aplikasi Whatsapp Dengan Google Meet Pada Mahasiswa

Mohamad Wildane Ganevo (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
I Nyoman Loka (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Jackson Siahaan (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Muti'ah Muti'ah (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat  perbedaan minat belajar mahasiswa pada matakuliah Metodologi Penelitian pada pembelajaran berbasis web antara yang menggunakan aplikasi WhatsApp dan Google Meet di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI tahun akademik 2019/2020 yang memprogramkan matakuliah Metodologi Penelitian dengan total keseluruhan 76 mahasiswa dan sampel penelitian adalah sebanyak 50 mahasiswa terdiri dari 25 mahasiswa pengguna WhatsApp dan 25 mahasiswa pengguna Google Meet. Data berupa minat belajar yang diperoleh dari seluruh sampel dianalisis dengan uji t polled varians dan diperoleh nilai thitung 0,449 lebih kecil dari nilai ttabel 1,676 yang menunjukan tidak ada perbedaan signifikan antara minat belajar metodologi penelitian pada pembelajaran berbasis web antara yang menggunakan aplikasi WhatsApp dan Google Meet. Dilakukan uji hipotesis dan menunjukan nilai Fhitung 1,33 lebih kecil dari Ftabel 1,96 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol dapat diterima yang menunjukan bahwa tidak ada perbedaan minat belajar mahasiswa pada matakuliah Metodologi Penelitian berbasis web antara yang menggunakan aplikasi WhatsApp dan Google Meet.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...