Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2022)

Meningkatkan Kemampuan Memahami Bilangan Melalui Alat Permainan Edukatif Replika Bunga Angka Pada Kelompok B Di TK ABA Kemirikebo Turi

Windi Wilujeng (Universitas PGRI Yogyakarta)
Wahyu Praptiwi (Universitas PGRI Yogyakarta)
Dika Ardyana Rahmawati (Universitas PGRI Yogyakarta)
Laela Sagita (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2022

Abstract

Konsep bilangan mesti diperkenalkan kepada anak sejak dini, sebab akan menjadi dasar bagi pemahaman matematika berikutnya.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran konsep bilangan melalui alat permainan edukatif replika bunga angka.  Subjek penelitian ini yaitu sepuluh anak di kelompok B dan satu guru kelas B.  jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif.  Pengumpulan data yang dipergunakan ialah observasi dan dokumentasi.  Hasilnya didapatkan sebanyak 80% anak dengan kriteria BSB dan 20% dengan kriteria BSH.  Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa sebagian besar anak mampu memahami kegiatan bermain menggunakan alat permainan edukatif replika bunga angka sehingga terjadi peningkatan kemampuan memahami konsep bilangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini content research article and/or critical-analytical study in early childhood education field. The purpose of this journal are to explore, to develop, and to explain knowledge about child education, development of children, problems and ...