Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol 3 No 2 (2022): November

Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi

Arman Cahyanto (Pendidikn Fisika, Universitas Jember)
Albertus Djoko Lesmono (Pendidikn Fisika, Universitas Jember)
Rif’ati Dina Handayani (Pendidikn Fisika, Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar fisika berbasis Articulate Storyline 3 pada materi Gelombang Bunyi dan melatih kemampuan berfikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development, disseminate. Hasil uji kelayakan e-modul fisika ini dikategorikan valid dengan hasil rata-rata uji dari 3 validator yaitu 85,78% sehingga e-modul fisika ini layak digunakan di kelas XI. Terjadi peningkatan hasil test dengan nilai N-gain sejumlah 68% dengan kategori “sedang”, sehingga e-modul fisika ini efektif digunakan di kelas XI. Hasil Angket respon siswa pada e-modul ini mendapatkan total skor yaitu 81%. Jadi e-modul berbantuan Articulate Storyline 3 mendapat respon sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul pembelajaran fisika ini valid, efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran gelombang bunyi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...