Minat belajar siswa kelas X RPL masih kurang, karena terlihat siswa tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran di dalam kelas berlangsung. Minat belajar siswa yang kurang disebabkan oleh faktor penggunaan media pembelajaran yang belum bervariatif. Solusi untuk mengatasi permasalahan diatas, maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X RPL di SMK Negeri 1 Gorontalo dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model ADDIE dengan hasil pengujian dari ahli media diperoleh presentase sebesar 98% dengan kriteria sangat layak, ahli materi diperoleh presentase sebesar 94% dengan kriteria sangat layak, kemudian kelayakan media berdasarkan pengguna pada uji coba produk oleh siswa mendapatkan persentase 80,8% dengan kriteria sangat layak. Dapat disimpulkan media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Dasar Desain Grafis; Media Pembelajaran Interaktif.
Copyrights © 2022