Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 5 No. 2 (2022): JPPSI, Oktober 2022

Flipped Classroom: Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Termokimia Siswa

Teguh Wibowo (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Sidiq Subagiyo (Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lasem)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini memfokuskan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan pemahaman konsep termokimia pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimental dengan model nonequivalent control group design. Subyek pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Lasem. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dengan instrumen soal uraian pretest dan posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakkan analisis uji t-test related pada pretest dan posttest setiap kelas dan N-Gain. Hasil dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep termokimia siswa, hal ini ditunjukkan pengujian ttest didapatkan hasil yaitu thitung = -3,542 dan ttabel = -2,126 (α = 5%) sehingga thitung < ttabel, maka H0 ditolak dan nilai N-Gain sebesar 0,43 (kategori sedang).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...