Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU)
Vol. 2 No. 3 (2022): Desember : Jurnal Ilmu Pendidikan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI SIKLUS AIR DALAM PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PROYEKTOR DI SD NEGERI 34 PRABUMULIH

Intan Kristi (Unknown)
Imron Rosidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Laporan Perbaikan Pembelajaran ini dibuat berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis. Hasil pengamatan menunjukkan hasil belajar siswa pada materi siklus air dalam pelajaran IPA kurang baik. Hal ini disebabkan karena siswa sulit menangkap penjelasan guru, siswa tidak pernah mencatat selama proses pembelajaran, dan kurangnya media yang digunakan saat proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut penulis melaksanakan perbaikan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada Materi Siklus Air dalam Pelajaran IPA menggunakan Proyektor di SD Negeri 34 Prabumulih. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan di Kelas V semester II tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah sampel 31 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui post test dalam bentuk tes tertulis. Setelah guru memperbaiki pembelajaran melalui penggunaan Proyektor, hasil pengamatan menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra siklus, siklus 1dan siklus 2. Pada kegiatan pra siklus siswa yang mendapat nilai lebih besar atau sama dengan KKM sebanyak 21 orang (N ≥ 75= 21 orang (67,74%)), Sedangkan pada kegiatan Siklus 1, N ≥ 75= 24 siswa (77,41 %) ,dan pada siklus 2 sebanyak 28 siswa mendapat nilai lebih besar atau sama dengan KKM (N ≥ 75 = 28 (90,32%)) . Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media sangat membantu proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA pada materi siklus air karena siswa lebih termotivasi untuk belajar. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Proyektor dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi Siklus air dalam pelajaran IPA di SD Negeri 34 Prabumulih.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sokoguru

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU) mewadahi artikel karya ilmiah hasil penelitian para dosen, praktisi akademik, guru dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini adalah semua penelitian yang berhubungan dengan pendidikan. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam ...