Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU)
Vol. 2 No. 2 (2022): Agustus: Jurnal Ilmu Pendidikan

ANALISIS STANDAR HASIL EVALUASI MELALUI PROSES BELAJAR

Yulianti (Unknown)
Winda Cahya Wati (Unknown)
Adiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui Standar Evaluasi Pembelajaran yang merupakan patokan hal metode, prosedur, serta instrumen evaluasi hasil belajar partisipan dalam pembelajaran. Standar evaluasi oleh pengajar bagi BSNP melingkupi standar biasa, standar pemograman, standar penerapan, standar pengerjaan serta peliputan hasil evaluasi dan standar eksploitasi hasil evaluasi. Tiap- tiap standar ini memiliki prinsip- prinsip serta patokan yang diresmikan oleh BSNP. Sementara itu, penilaian hasil belajar yang dicoba oleh satuan pembelajara mempunyai 2 standar utama yang wajib dicermati, ialah: standar penentuan kenaikan kelas dan standar penentuan kelulusan. Laporan analisis hasil evaluasi disini ada dua cara yaitu laporan kemajuan umum yang diberikan kepada siapa saja yang berminat dengan sasaran utamanya adalah orang tua, peserta didik, dan masyarakat di sekitar sekolah dan laporan kemajuan khusus yang diberikan kepada orang tua dan peserta didik saja. Dari analisis hasil evaluasi ini dapat memberikan banyak manfaat untuk guru atau peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sokoguru

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU) mewadahi artikel karya ilmiah hasil penelitian para dosen, praktisi akademik, guru dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini adalah semua penelitian yang berhubungan dengan pendidikan. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam ...