Penulis melakukan penelitian ini pada Rumah Sakit Fandika di Wariji Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di rumah sakit Fandika dan untuk mengetahui peningkatan pelayanan terhadap kepuasan pasien ruang inap. Lokasi penelitian ini pada Rumah Sakit Fandika di Wariji Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Sementara yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu pemilik dan karyawan pada Rumah Sakit Fandika Di Wariji Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Dan untuk metode analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu metode observasi dan metode wawancara. Objek penelitian ini adalah dimensi wujud fisik, kehandalan dan daya tanggap dan kepuasan, responden adalah para konsumen Rumah Skit Fandika sample data penelitian ialah sebanyak 32 responden teknik sampling dan teknik analisa data dengan menggunakan Analisa Regresi Linier Berganda dengan bantuan Program Statistic Solution Service (SPSS) VERSI 16. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini metode sample jenuh. Pengunpulan data dilakukan dengan menyebarkan quisioner kepada para karyawan. Analisa yang digunakan adalah regresi linier berganda yaitu Y = 3. 128 + 0.029 + 0.036 + 0.063 + 0.113 + 0.010 + e. Diperoleh hasil perhitungan kolerasi dan determinasi (R2) adalah R = 0.196 koefesien determinasi = 0.038. Berdasarkan hasil pengujian secara persial atau uji t untuk mengetahui dari variable bebas yaitu pelayanan kualitas Thitung = Ttabel = 2.055529. sedangkan berdasarkan uji f untuk mengetahui variable kepuasan konsumen Fhitung = Ftabel = 1.705618.
Copyrights © 2023