Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 4, No 2 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Real object dan ICT terhadap Literasi Biologi Siswa

Pratiwi, Ahmi Yofaniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan real object dan ICT terhadap peningkatan literasi biologi peserta didik. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre posttest group design. Teknik pengumpulan data dengan pretest-posttest dan observasi. Hasilnya diketahui bahwa dengan penggunaan real object dan ICT (blended) terdapat pengaruh pada peningkatan literasi biologi siswa dalam kategori sedang (g: 0,3). Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai sebesar 11,5%. Berdasarkan hasil uji Kruskal-Wallis didapatkan nilai Asymp. Sig. 0,0020,05 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan real object dan ICT terhadap literasi biologi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...