Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 4, No 2 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education

Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa PBL Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Perkuliahan Biologi Dasar

Fajarianingtyas, Dyah Ayu (Unknown)
Hidayat, Jefri Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Pembelajaran berorientasi masalah menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang melatih kemampuan problem solving mahasiswa. Pemberian suatu permasalahan serta proses mencari jawaban dalam pembelajaran dapat membantu mahasiswa untuk dapat lebih mudah mengingat materi yang dipelajari. Tujuan penelitian adalah mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis PBL bertemakan biologi dasar yang valid dan efektif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester satu yang memprogram mata kuliah Biologi dasar. Model penelitian yang digunakan merujuk model penelitian pengembangan yang dikembangkan Borg Gall (1983). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM yang dikembangkan valid dengan nilai persentase 90% (kategori sangat baik).  Pengembangan LKM dikatakan efektif dilihat dari adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,47 (kategori sedang) berdasarkan  N-gain. LKM ini memiliki karakteristik bahan ajar dirancang situasi bermasalah yang tepat bagi mahasiswa IPA di Universitas Wiraraja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...