Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 4 No. 01 (2022): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas IV

Emi Yulifa (Universitas Islam Sultan Agung)
Sari Yustiana (Universitas Islam Sultan Agung)
Nuridin Nurdin (Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV cenderung rendah dikarenakan pembelajaran berpusat pada guru karena menerapkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik dengan model pembelajaran problem posing dapat memenuhi KKM atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre experimental Design dengan One Group Pretest Posttest. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T Test yang menunjukkan bahwa Lower bernilai negatif dan Upper bernilai negatif atau Sig. = 0,000 < α = 0,05 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar kognitif yang signifikan menggunakan model pembelajaran problem posing. Sementara itu penelitian ini juga menggunakan uji One Sample T Test yang menunjukkan bahwa t_hitung = 4,774 > t_tabel = 2,093 atau sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV minimal 69 (μ_o ≥ 69).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...