FOUNDASIA
Vol 13, No 1 (2022)

Hubungan self awareness dengan disiplin belajar peserta Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) SD Negeri Gugus 01 Kecamatan Ngawi

Septianingtias, Arina (Unknown)
Herwin, Herwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self awareness dengan disiplin belajar peserta AKM SD Negeri Gugus 01 Kecamatan Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta AKM SD Negeri Gugus 01 Kecamatan Ngawi pada tahun 2021 sebanyak 120 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 92 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala self awareness dan disiplin belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self awareness dengan disiplin belajar peserta AKM SD Negeri Gugus 01 Kecamatan Ngawi yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,859 bernilai positif dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Tingkat hubungan yang dimiliki variabel self awareness dengan variabel disiplin belajar adalah sangat kuat.Kata kunci: Asesmen kompetensi minimum, self awareness, disiplin belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...