JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 2 (2022): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 2 SEPTEMBER 2022

Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Hino (Studi Kasus Pada PT. Nenggapratama Prima Nusantara Gorontalo)

Raflin Hinelo (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Umin Kango (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Wahyu Lestari (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada konsumen Produk Mobil Hino di Kota Gorontalo. Data yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden yang dianggap memenuhi standar sampel yang telah ditentukan. Data dalam penelitian ini merupakan data primer. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 responden. Jenis metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari promosi terhadap keputusan pembelian Produk Mobil Hino di PT. Nenggapratama Prima Nusantara Gorontalo. Besarnya koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,604. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 60,4% variabilitas keputusan pembelian Konsumen Produk Mobil Hino pada PT. Nenggapratama Prima Nusantara Gorontalo dapat dijelaskan oleh promosi yang dilakukan oleh perusahaan, sedangkan sisanya sebesar 39,6% dapat dijelaskan oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variable lain tersebut yakni Produk, Harga, Lokasi, Orang dan lain sebagainya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...