Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 4b (2022): Desember

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Relasi dan Fungsi

Baiq Ajeng Aprilia Ulymaz (Universitas Mataram)
Baidowi Baidowi (Universitas Mataram)
Eka Kurniawan (Universitas Mataram)
Sripatmi Sripatmi (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Kemampuan mengkomunikasikan gagasan matematika secara tepat dan efektif merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Selain itu, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematik salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa. Dimana kemampuan komunikasi matematis dapat mempermudah pertukaran informasi atau penyampaian gagasan dalam pembelajaran matematika. Sehingga terlihat pentingnya siswa menguasai kemampuan komunikasi matematis. Namun, siswa SMPN 4 Gerung terlihat memiliki kemampuan komunikasi matematis rendah terlihat dari hasil belajar pada mata pelajaran matematika yang tergolong kurang terutama dalam mengerjakan soal berbentuk narasi dengan permasalahan sehari-hari. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan setiap tingkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 4 Gerung tahun ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal cerita materi Relasi dan Fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dimana instrumen yang digunakan adalah tes tulis berupa dua butir soal uraian berbentuk soal cerita dengan materi Relasi dan Fungsi yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu,  menggambar, menulis, dan menggunakan simbol matematika dan juga instrumen berupa pedoman wawancara. Data hasil tes tulis akan diperjelas dengan wawancara semi terstruktur dan dilakukan analisis data penskoran dan pemberian kategori berdasarkan pedoman penskoran. Kemudian data yang didapat akan dianalisis berdasarkan Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan didapat siswa berkemampuan komunikasi matematis dengan kategori rendah memiliki persentase terbanyak dan disusul berkategori sedang dan tinggi. Dimana dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi sebanyak 29,63% dan mampu menguasai ketiga indikator dengan kategori tinggi. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis sedang sebanyak 33,33% dan mampu menguasai ketiga indikator namun tidak sempurna dengan kategori sedang. Dan siswa dengan kemampuan komunikasi matematis rendah sebanyak 37,04% dan kurang bahkan tidak mampu menguasai ketiga indikator dengan dua kategori rendah dan indikator menggambar berkategori sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...