Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
Vol 7, No 2 (2022): PEKOBIS

Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dalam Pembelajaran Daring Terhadap Stres Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa Semester VIII Fakultas Sosial Humaniora Universitas Bhinneka PGRI Tahun Akademik 2021/2022)

Nailariza Umami (Universitas Bhinneka PGRI)
Maria Aghata Sri W.H (UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI)
Vivi Dwi Cahyani (UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

1) Penelitianxini bertujuan untukxmengetahuixpengaruhxefikasixdirixdanxdukungan sosialxterhadap stress akademik mahasiswa pada pembelajaran daring. 2) Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. 3) Teknikxanalisisxdataxyang dipergunakan yakni teknik analisis regresi linier berganda. 4) Penelitianxini memperoleh hasil bahwaxterdapatxpengaruhxsignifikanxvariabelxefikasixdiri serta dukungan sosial terhadap stress akademik secara simultan yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung (19,285) > Ftabel (3,93) denganxtingkatxsignifikansix0,000 < 0,05. Efikasi diri terhadap stress akademik secara parsial nilai thitung (2.238) > ttabel (1.65936) dan tingkat signifikansi 0,027 < 0,05. Sehingga, disimpulkan terdapatxpengaruhxnegatifxdanxsignifikanxefikasixdiri terhadap stress akademik. Dukungan sosial terhadap stress akademik secara parsial nilai thitung (1,544) < ttabel (1,65936) dan tingkat signifikasi 0,149 > 0,05. Sehingga, disimpulkan adanya pengaruh signifikan dan pengaruh negatif antara dukungan sosial terhadap stress akademik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pekobis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal PEKOBIS (Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis) is focused in field education, economic and business. The scope of research studies published in PEKOBIS is the field of: EDUCATION (Teaching Material, Teaching Evaluation, Learning Media, Learning Method, Education Technology, Education, ...