Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat
Vol 3, No 1 (2022): Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat

PEMANFAATAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM PADA MASA PANDEMI

Silvia Eka Ramadhani (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Dwiki Aditama Supangkat (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Roziana Febrianita (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian Negara. Pandemi Covid-19 telah membuat mayoritas sektor ekonomi, terutama UMKM, mengalami stagnansi. Di sisi lain, pada era digital ini, dengan akses internet yang sangat mudah merupakan keuntungan tersendiri bagi para pelaku UMKM. Sebab melalui media online berbagai informasi mengenai produk dapat diberikan dengan mudah pada konsumen secara online. Di kecamatan Tenggilis Mejoyo terdapat UMKM Loka Rasa yang pemasaran produknya masih menggunakan cara konvensional namun belum mengoptimalkan peran media online, khususnya media sosial dalam interaksi bisnis. Sehingga fokus dari studi ini adalah memaparkan bagaimana media social digunakan sebagai sarana pemasaran produk dan berupaya untuk meningkatkan penjualan. Kajian ini membahas tentang bagaimana pemanfaatan instagram oleh UMKM Loka Rasa dalam memasarkan produk pada masa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian adalah untuk mengenalkan produk-produk UMKM kepada masyarakat luas agar mendapatkan potensi pasar yang lebih besar. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan dan pendampingan pada anggota dan pengurus UMKM. Hasil penelitian adalah, pemanfaatan sosial media memberikan prospek yang baik untuk menaikkan angka penjualan produk UMKM yang mengalami dampak secara signifikan pada masa pandemi. Hal itu disebabkan karena sistem pemasaran digital menyediakan platform jual beli secara daring, memudahkan proses pemesanan dan pembelian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sawala

Publisher

Subject

Religion Arts Social Sciences

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal ini berkaitan dengan: Isu-isu mengenai Pembangunan Masyarakat Ekonomi Kreatif Pembangunan Partisipatif Aktualisasi Kearifan dan Budaya Lokal Isu-isu mengenai Perubahan dan Perkembangan Kebudayaan Pemetaan dan Evaluasi Kebijakan Kebudayaan Kajian Pembangunan Budaya di ...