EJoES (Educational Journal of Elementary School)
Vol 3, No 2 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)

Pengaruh pembelajaran daring terhadap konsentrasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN 054942 Tegal Rejo

Fitria Sundari (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Indah Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap konssentrasi belajar siswa SDN 054942 Tegal Rejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis linear sederhana. Hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh Pembelajaran daring terhadap Konsentrasi Belajar pada siswa SDN 054942 Tegal Rejo yang dilaksanakan dengan cara memberikan angket kepada 36 orang responden dapat dilihat dengan Uji t nilai 7,311 > 2.032 dengan sig 0,000 < 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square 0,611 atau 61,1% menunjukkan sekitar 61,1% variabel Konsentrasi Belajar (X) dipengaruhi oleh Pembelajaran daring (Y). Sementara sisanya sebesar 38,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel Pembelajaran daring mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,611 atau 61,1% terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SDN 054942 Tegal Rejo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EJoES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EJoES (Educational Journal of Elementary School) is an electronic journal that publishes original research papers, review articles by invited experts, and novel technology news related to Elementary School. EJoES has served researchers, teacher educators, and practitioners in the elementary since ...