Aksioma
Vol. 11 No. 2 (2022)

VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP INTEGRAL BERBASIS SPACE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Khairudin (Universitas Bung Hatta)
Karmila Suryani (Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Bung Hatta, Padang-Indonesia)
Puspa Amelia (Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Bung Hatta, Padang-Indonesia)
Rita Desfitri (Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Bung Hatta, Padang-Indonesia)
Niniwati (Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Bung Hatta, Padang-Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

kemampuan problem solving masih rendah, khususnya pada mata kuliah Kalkulus Integral maka dibutuhkan perangkat pembelajaran yang mampu mengaktifkan mahasiswa untuk bertanya dan menyelesaikan masalah dengan baik. Tujuan riset ini adalah menganalisis validitas ahli perangkat pembelajaran konsep Integral berbasis SPACE (Simulation, Posing, Action, Communication, Evaluation) yang dapat meningkatkan kemampuan Problem Solving pada mata kuliah Kalkulus Integral. Metoda riset adalah metoda deskriptif kualitatif dengan menggunakan Aitken-V untuk memvalidasi perangkat oleh expert. Hasil penelitian pendahuluan terhadap perangkat peembelajaran menyatakan bahwa dibutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat membuat mahasiswa aktif untuk melakukan simulasi komputer, aktif bertanya serta membuat dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Hasil penelitian berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh perangkat pembelajaran konsep Integral berbasis SPACE memiliki kriteria sangat valit. Hal ini dapat dilihat dari kriteria validitas nilai V-Aitken berada di atas nilai 0,4. Kesimpulannya adalah setiap aspek dalam perangkat pembelajaran berada dalam kriteria yang valid, sehingga semua perangkat tersebut dapat digunakan untuk pembelajaran Kalkulus Integral.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...