Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi
Vol 17 No 2 (2022)

Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dan Motivasi Belajar Dengan Resiliensi Akademik Pada Siswa Sma Di Masa Pandemi Covid-19

Piren Septianmar (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Santi Esterlita P (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Nikmah Sofia Afiati (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Pembelajaran online menuntut adanya kesiapan dan kemampuan adaptasi siswa. Siswa dituntut agar dapat bertahan dalam situasi sulit yang penuh tekanan. Sehingga resiliensi akademik diperlukan dalam situasi penuh tekanan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan sosial keluarga dan motivasi belajar dengan resiliensi akademik pada siswa SMA di masa pandemic COVID-19. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 150 orang siswa SMA yang diambil secara acak. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Skala Resiliensi Akademik, Skala Dukungan Sosial Keluarga, dan Skala Motivasi Belajar. Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dan resiliensi akademik pada siswa SMA di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan resiliensi akademik pada siswa SMA di masa pandemi COVID-19. Selain itu, secara simultan ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dan motivasi belajar dengan resiliensi akademik pada siswa SMA di masa pandemi COVID-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psikosains

Publisher

Subject

Humanities Neuroscience Physics Social Sciences Other

Description

PSIKOSAINS adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian maupun Pemikiran dalam bidang psikolog. Diterbitkan dua kali dalam satu ...